Sunday, January 27, 2008

Winter di Ruwais


Dulu waktu di Indonesia nggak kebayang deh kalo di Arab pake musim dingin juga, soalnya setiap nonton film yg pake setting arab, pasti yg di tampilkan adalah padang pasir yg gersang, matahari terik, dan susahnya nyari air.

Eh, pikiran itu ilang semua setelah nyampe sini. Ternyata sehabis musim panas, ada musim dingin, pakai hujan, dan lagi di kompleks housing, tanamannya malah lebih banyak dan asri serta nggak pernah yg namanya kekurangan air.

Untuk winter biasanya dimulai pada bulan november-desember sehabis musim panas yg puncaknya di bulan july-agustus, peralihan musim ditandai dengan angin kencang yg menerbangkan pasir-pasir halus sehingga seperti kabut, bahkan kalo lagi parah-parahnya, sinar matahari nggak bisa nembus. Selain itu, kalo pagi hari kabut turun, kadang jarak pandang kurang dari 20m yg cukup menyulitkan bagi yg nyopir kendaraan.

Di bulan Des-Jan, suhu udara perlahan-lahan turun, kemarin yg terendah sekitar 8 'C di pagi hari, dan siangya cuma nyampe 20'C. Cukup dingiiiin.. nyampe ke tulang. Nah kalo dah sedingin ini, kita perlu nyiapin selimut tebal, jaket, dan juga pemanas ruangan. Di supermarket dah banyak di jual alat pemanas ini, dari yg kecil pake filamen listrik, sampai yg agak besar dengan oil sebagai media pemanasnya (tetep pake listrik) juga ada. Harganya berkisar antara 30 - 150 dirham, tinggal pilih aja. Namun yg cukup buat terkejut adalah daya listriknya yg lumayan besar, paling kecil 1500 watt, trus 2000 watt, bahkan ada yg 4500 watt. Wuih... bayangin aja kalo di indonesia, berapa duit yg harus di bayar ke PLN per bulannya. Yg merek "black decker" itu 2000 watt, trus yg merek "Ikon" 1500 watt. Kita beli 3 pemanas untuk di taruh di kamar tidur utama, soalnya kalo nggak pake pemanas suhunya bisa turun sampai 20'C. Dengan 3 pemanas di hidupkan, suhunya bisa di jaga di 27'C, cukup hangatlah.

Selain pemanas, kita juga beli jam kecil yg di lengkapi dengan pengukur suhu, humidity, kondisi cuaca, dll. Cukup membantu lah, kadang kalo mo keluar rumah, jam tsb di taruh di balkon kira-kira 5 menit, biar kita tahu suhu di luar rumah berapa.

Inilah jam yg tak bilang tadi, cukup informatif.
Kondisi yg di tunjukkan pada hari Sabtu Tgl 26 Jan 2008, jam 07:34. Cuacanya hujan, suhu udara 16'C dengan kelembaban 72%.
Wuih... dingin ....


No comments: