Friday, August 29, 2008

Nasi Bakar (Warung Obong - Joglo Resto Yogya)


Perjalanan kuliner waktu libur libur di Yogya, salah satunya mengunjungi Joglo Resto di Jl Raya Colombo No. 9A Yogyakarta; dari bundaran UGM ke arah timur (arah ke Jl. Gejayan); di sebelah kanan jalan (sisi Selatan jalan) bisa di temui resto dengan konsep Food Court yg murah meriah. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Emang target pelanggannya adalah mahasiswa sehingga semua menu yg ada terjangkau oleh kantong mahasiswa.
Lokasinya lumayan nyaman, tempat parkir luas, dan kesan antik n sederhana begitu terasa saat masuk ke dalam. Meja kursi dari bambu menjadi daya tarik sendiri, serta bangunan yg di buat dari batang-batang pohon kelapa menambah kesan sederhana.
Begitu masuk dan duduk di salah satu meja, pramusaji mendatangi n menyodorkan berbagai macam menu dari setiap food court yg ada (kalo nggak salah ada sekitar 12 an warung). Akhirnya kita pilih menu Nasi Bakar (Ikan Asin n Entog) yg emang lagi ngetrend saat ini, di tambah lauknya belut kremes.

Adalah Nano yg menggawangi salah satu outlet di Joglo. Dengan nama "Warung Obong" yg bisa diartikan "dibakar", memang menyediakan salah satu menu andalannya yaitu "Nasi Bakar". Bermacam menu nasi bakar bisa di order; seperti : Nasi Bakar Ikan Asin, Nasi Bakar Entog, Nasi Bakar Plati (Ampela Ati), dll. Dihidangkan lengkap dengan sambal trasi, dan lalapan. Namun jika ingin memambah lauk lain, bisa order juga seperti: Belut Kremes, Lele Goreng, Tempe, Tahu, Gurami Goreng, dll.

Sekitar 15-20 menit, yg di pesan tadi dah siap. Emang agak lama, cuma katanya karena fresh jadi perlu waktu untuk memasaknya.

Harumnya nasi yg dibakar dengan pembungkus daun pisang membikin perut semakin lapar dan segera menyantapnya. Rasa bumbunya gurih, meski nggak pakai santan kelapa. Biasanya kan yg namanya nasi gurih itu pake santan, nah yg ini nggak pakai. Ini lah salah satu kelebihan teknik juru masaknya yg alumnus Rumah Makan Pring Sewu.

Belut kremesnya juga lumayan enak, dan nggak keras, beda dengan kremes-kremes yg lain.

So, kalo pas lagi di Yogya, Warung Obong (Joglo Resto Food Court) ini bisa di pertimbangkan masuk ke schedule wisata kulinernya..
.

No comments: